Klasifikasi Jaringan Komputer

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan dan pengembangan jaringan komputer, antara lain teknologi yang digunakan, peralatan yang dibutuhkan, topologi jaringan, fungsi jaringan, dan luas area yang akan dicakup. Hal-hal tersebut harus benar-benar diperhatikan oleh enginer jaringan supaya jaringan yang akan dikembangkan bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama.

Topologi jaringan adalah bentuk jaringan yang akan dibuat. Ada beberapa macam topologi yang sering digunakan, yaitu :
Topologi Bus

Perangkat jaringan dihubungkan dengan menggunakan satu kabel linear yang setiap ujungnya diberikan sebuah terminator. Jika kabel penghubung rusak, maka jaringan tidak akan bekerja.
Topologi Ring

Hampir sama dengan topologi bus, tetapi dalam topologi ring ujung kabel yang digunakan saling berhubungkan sehingga membentuk sebuah lingkaran.
Topologi Tree

Topologi ini disebut juga topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hierarki yang berbeda. Untuk hierarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin ke atas mempunyai hierarki semakin tinggi.
Topologi Mesh

Topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
Topologi Star

Topologi ini dirancang dengan tujuan agar semua perangkat jaringan terhubung secara langsung pada suatu pusat jaringan yang berupa hub atau konsentrator.

Klasifikasi jaringan berdasarkan fungsi dari jaringan tersebut ada dua jenis, yaitu :
Peer-to-Peer

Peer-to-Peer adalah jaringan komputer dimana setiap komputer dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
Client-Server

Sesuai dengan namanya, pada jaringan ini ada satu atau lebih komputer yang didedikasikan sebagai server untuk melayani semua permintaan client.

Jaringan juga diklasifikasikan berdasarkan luas daerah yang dijangkau, yaitu :


LAN ( Local Area Network )
MAN ( Metropolitan Area Network )
WAN ( Wide Area Network )
WLAN ( Wireless Local Area Network )

0 komentar:

Posting Komentar

 
Komputer | @yogieprastyo 2009